#4. Cara Blokir Telp dan SMS

Hi, pernah gak dapet telp dan sms yang sebenernya lw males banget ngeresponnya? Lebih males lagi udah gak direspon tapi masih juga ganggu dg call and/or sms attack! (sejenis sm ping! attack di BBM). Kalo ganggungnya dah kebangetan rasanya pingin teriak ke Martin Cooper “Please lah lw cari penemuan di bidang lain aja ga usah telepon genggam!”.

But wait, kali ini gw mau share cara ngeblokir nomor telpon yg gak kita inginkan! Ada layanan berbayar, ada juga aplikasi gratisan jadi lw cukup skali download aja.

1. Untuk Android: aplikasi Call Control

Call-Control

Buat lw yang pake HP Android, lw bisa download aplikasi ini di App Store. Aplikasi ini cukup friendly user jadi sangat mudah diikuti. Ada beberapa pilihan untuk nomor yg kita mau block, seperti Directly Reject dan Connect and Hang Up! Lw cuma akan dapat notifikasi aja kalo nomor HP yg lw block nelpon. Untuk menon-aktifkan nomor yg sudah terlanjur lw block, lw tinggal update aja daftar black list lw. Bye bye pengganggu!

2. Untuk Blackberry: CallBlocker Lite dan SMS Blocker

Lw juga bisa menggunakan aplikasi ini kalo pake HP Blackberry. Download and Go! Di CallBlocker Lite malah ada opsi Enable Auto SMS reply to blocked calls. Lw bisa tulisin “Poor you! Your number is in my black list number. I’m out of your reach.” atau biar terkesan dari operator lw bisa tulis “Error code 333: Further massage will be charge to your phone” atau pesan apa ajalah suka-suka lw.

IMG-20150305-WA0002

3. Untuk Windows Phone: Ada fitur Call and SMS Filter

Nokia-Lumia-SMS-and-Call-Blocker

Lw bisa temukan fitur ini di all setting – Call + SMS Filter – Ikuti deh panduannya untuk input nomor yg mau di block.

4. Layanan Berbayar untuk Telkomsel

Kalo lw pake nomor telkomsel, lw bisa aktivasi layanan block call dan sms dari telkomsel. Cara ini sangat efektif! Berbayar sih, tp worth to try lah kalo lw ga puas sm layanan dari aplikasi yg sebelumnya gw sebutin.

Caranya:

Ketik *500*22# dari nomor telkomsel lw. Pilih opsi no 5 “Black List”.

Pilih lagi opsi Registrasi untuk aktivasi fitur Black List, selanjutnya lw akan dipandu melalui sms. Lw bisa daftarkan hingga 10 nomor. Layanan ini berbayar Rp2.000,- per 30hari. Lw bisa melakukan update nomor yg di block pada menu Tambah Nomor Pengirim dan Hapus Nomor Pengirim.

5. Layanan Berbayar untuk XL

Sama dengan telkomsel, provider XL ini juga menyediakan layanan block call. Bedanya, XL menyediakan tarif block call harian, mingguan, dan bulanan. Jumlah maksimal nomor yg didaftarkan 30nomor. Block via XL

Seperti pada gambar diatas, untuk aktivasi via UMB lw tingal dial *123*517# lalu ikuti panduannya. Via sms juga gampang. Untuk unreg number yg kita block tenang aja, gak ada masalah kok. Tarif hariannya Rp1000,-, per minggu Rp5.000,- dan yg bulanan Rp10.000,- Ada juga tarif Rp500,- per hari untuk 1 nomor saja. Mantap kan?

Nah, kurang lebih itulah yg bisa gw share. Ada 1 provider besar juga IND***T yang sampe hari ini setau gw gak menyediakan layanan block call. Pernah gw tlp ke operator dan jawaban mbaknya sangat memuaskan: “Oh, untuk blok nomor tertentu kita belum ada Ibu, tapi kalau Ibu mau kita bisa aktifkan untuk blok semua panggilan masuk.” Respon di hati terdalam: @#$%$@#%^&&preketeklah&^%$#^*(^

Dulu gw beberapa kali ganti nomor untuk menghindari panggilan tidak diinginkan. Hehehehe… dan beberapa kali itu juga gw dihujat sejuta umat karena ganti nomor.  Beberapa tahun terakhir ini fitur dan aplikasi blocking number ini sangat membantu hidup gw. Hahayy!

Happy reading, Nice to share! 🙂

Advertisements

2 thoughts on “#4. Cara Blokir Telp dan SMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s