Story #5. Vespa: Sensasi Oper Gigi Pakai Tangan Kiri

Vespa? Yeeyy!!! Kendaraan klasik roda dua favorit gw!

Naik vespa tuh seru lho! Vespa adalah motor scooter pertama buatan Jerman. Udah eksis sejak awal tahun 1940an. Sebagai pembonceng vespa yah lw cukup duduk manis di belakang, tapi kalo lw sebagai pengendara ya ada sensasinya tersendiri. Bawa motor ini ga cuma bodynya yg berat (yaiyalah… lebih berat drpd motor2 scooter baru jaman sekarang), cara bawanya juga unik: oper gigi pake tangan kiri.

Nah, berikut gw bakal share cara mengendarai vespa yang bikin sensasi tersendiri:

1. Sebagai pengendara, pastikan gigi persneling pada posisi netral sebelum lw starter. Starternya engkol ya, bukan pencetan. Letaknya di body samping. Setelah itu silahkan menaikkan standar lalu duduk di kursi depan : D

2. Handle kiri adalah pengaturan gigi persneling. Tarik kopling trus putar gigi ke gigi 1 (arah atas, biasanya ada tulisannya kok)

3. Siap tancap gas! Lepaskan perlahan kopling sesuai dengan tarikan gas. Untuk oper ke gigi 2 ikutin aja arahnya sesuai tulisan angka 2 dekat angka 1 di handle kiri lw. Vespa yang di rumah sih putar gigi 2 nya ke arah depan sebanyak 2 kali, kalo cuma 1 kali bakal balik lagi ke posisi netral.

4. Lanjut ke gigi 3, putar sekali dari gigi 2.

5. Rem ada di kaki kiri, jangan lupa pelanin gas ya kalo ngerem.

Gampang kan? Eksis deh di jalanan pake kendaraan paling romantis sedunia : *

Dari berbagai sumber informasi, saat ini ada beragam komunitas vespa tersebar di seluruh wilayah nusantara. Banyak anggotanya justru anak muda lho! Pengendara vespa biasanya ramah2 ga suka marah2, kalo papasan di jalan walaupun saling gak kenal tetap menebar senyum sesama pengendara. Khusus gw selain senyum dan klakson biasanya jelalatan ngeliatin vespa tu orang. Sebagian orang memelihara orisinalitas tampilan vespanya, sebagian yang lain melakukan sedikit – banyak modifikasi.

Lw bisa menemukan jauh lebih banyak informasi dan ketemu komunitas vespa di sini http://maypurplescooter.blogspot.com

Happy reading, nice to share : D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s