Story #9. Dibuang sayang: Diary eFun 29 Nov 2009

Yeay! Ini juga tulisan di wordpress lama saya, saya salin kesini. Cerita ini favorit saya. Dulu maunya sering nulis begini, tapi apa daya saya labil dan sibuk (baca: pe ma las).

***

Diary eFun 29 Nov 2009

Minggu siang, jam 10.30 seperti biasa kami menjalani aktivitas English Fun di balai anak. Dari dua dusun yang rutin kami kunjungi, kali ini giliran anak-anak di Dusun Bintaran yang ketempatan! Sambil mengenang semangat pejuang yang telah mendahului kita, teman-teman pendamping menempuh perjalanan menuju Dusun Bintaran. Meski sebagian dari kami sempat kehujanan dalam perjalanan, tapi semangat tetep berkobar! Ya dong, teman-teman kecil di Bintaran pasti sudah menunggu!!

Tema English Fun minggu ini adalah “Hewan Udara”, kami berlima: Agnes, Andre, Rizakti, Arya, dan Anne mengajak anak-anak untuk duduk melingkar. Hari ini, kita akan bersama-sama mencari tau apa saja hewan udara dan bagaimana menyebutnya dalam Bahasa Inggris. Teman-teman kecil itu beragam usianya, ada yang masih TK, ada yang SD antara kelas 1-6, bahkan ada yang belum sekolah. Wajah-wajah mungil itu sedikit demi sedikit semakin bersemangat menyebut nama-nama hewan dalam bahasa inggris, sesuai yang tertulis di kertas gambar yang sudah disiapkan pendamping ketika briefing hari sebelumnya. Hanya sekitar 15 menit mereka sudah hafal enam belas kosakata hewan udara. Bahkan Pandu dan Pasha yang masih TK pede abiz waktu nyebut “bat” dan “bumblebee”. Asya juga gak kalah semangat nyebutin nama-nama hewan udara. Hebat!

Bukan English fun namanya kalau gak ada nyanyi-nyanyi. Nah setelah hafal kosa kata, teman-teman belajar mengeja sambil bernyanyi. Memang tidak semua kosakata dieja, hanya kosakata yang pendek-pendek saja seperti bird, bee, fly, dove, dan bat. Kira-kira seperti ini nih chanting yang berhasil disusun:

“Danny found a  B-E-E

Danny found a  B-E-E

Oh Really?

Danny found a bee” (dan kosakata lainnya).

Selesai nyanyi-nyanyi, mulai deh sesi lembar kerja! Teman-teman pendamping menyediakan 11 lembar kerja berupa kotak-kotak berisi huruf. Tugas anak-anak adalah menemukan 15 kosa kata yang sudah dihafalkan sebelumnya. Horeeee, mencari kata! Awalnya lembar kerja disediakan untuk dikerjakan secara berkelompok (per 3 orang), tapi rupanya teman-teman lebih ingin mengerjakan secara individu. Jadilah masing-masing anak mengerjakan 1 lembar kerja mencari kata. Kecuali 4 orang yang masih duduk di TK dan playgroup, mereka mengerjakan berdua-dua.

Hampir selesai aktivitas English Fun hari ini. Oooopss! Teman-teman kecil ngrubungin Kak Anne tuh. Ternyata Kak Anne lagi bacain cerita. Wow! Tadinya bacain cerita buat Mayang, eh..yang lain ikutan. Kak Anne seru sih bacain ceritanya, masa’ waktu tokoh pahlawan nya ninju musuh yang ada di buku cerita, anak-anak yang ngrubung ikut dijitakin! Hahaha….”jitaknya gak keras-keras ya Kak Anne”.

Asyiknya English Fun setelah Idul Kurban kemarin, pas selesai aktivitas Bu Sus sudah nyiapin nasi gulai sapi, lengkap dengan kerupuk! Iiih..minumnya teh anget manis! Hmmmm….kennnyaaaaaaanng! : )

Terima kasih teman-teman semua! Sampai jumpa minggu depan ^.^

Koordinator Sleman Student YMCA,

Agnes

Posted in agnes enggar pratiwi, Diary
Tags: agnes enggar pratiwi, Balai Anak, Dusun Bintaran Piyungan, English Fun, Sleman Student YMCA, YMCA Yogyakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s