Story #24. Tragedi Kacang Panjang

Hi there,

Suatu kali, pacar gw (Ehm, sekarang udah mantan) kenalin gw ke keluarganya. Biar akrab, moment nya dinner donk di pusat kuliner di mall gitu. Yang pergi gw, dia, satu kakaknya, dan nyokapnya. Keliling2 cari meja kosong sambil celingukan milih-milih makanan. Akhirnya kita milih makan masakan bali. Sedikit info dari tante, bahwa booth makanan tempat kita pesen tadi itu baru, “ini baru deh nes, tante soale baru liat ini ada. Coba ini yuk kayaknya enak”. Jadilah kita berempat order masakan bali dan duduk gak jauh dari boothnya. Sambil nunggu pesenan dateng kita ngobrol sana sini. Sempet ditinggal ngobrol berdua doang sama nyokapnya, gw diceritain sekilas tentang cara si tante membesarkan anak-anaknya, tentang karakter mereka masing-masing, juga tentang harapannya ke anak-anaknya. Kakak dan nyokapnya baik, ramah, dan welcome banget padahal baru pertama kali ketemu gw. Hehehe… gw seneng donk : )) Kita juga ngobrolin tentang bisnis katering rumahan si tante dan kakak. Tante sharing dari jenis masakan sampe bumbu dan cara ngolahnya. Wow!

Nah, gak berapa lama dateng nih pesenan kita. Disaji pake piring rotan, alasnya gw lupa tuh daun pisang apa kertas coklat gitu deh. Gak gw foto juga waktu itu. Baunya harum banget menggugah selera, nasinya keliatannya dikit ada di tengah, dikelilingi sayur, sambal matah, dan lauk, lengkap pake sate lilit. Itu nasi keliatannya aja dikit, padahal abis makan kenyangnya wow banget, untung weekend jadi diet gw kan lagi libur! hahaha…

Ngeliat segerombolan kecil sayuran hijau di piring gw, spontan gw nunjuk sambil bilang “Ooh.. masakan buncis yang tante bilang tadi tuh yang kayak gini ya?” –muka sumringah, positif ceria, karna tadi pas cerita gw emang ngebayangin buncisnya dimasak begitu- Respon si tante setelah sekilas merekatkan alis ke tengah dahi, “bukkkan, itu kacang” (kacang panjang maksudnya). Jgeeeeeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr!!!!! Trus cowo gw ngusap lengan mamanya sambil cengengesan dan bilang, “Ma..anak ini ga bisa bedain buncis sama kacang panjang ma…”

Gw cuma bisa mesam mesem pengen ngakak tapi ga enak juga ngetawain kebodohan sendiri di depan keluarga cowo gw. Ga tau mau bilang apa, jadi gw polos aja nimpalin “ooo.. ini kacang panjang ya..hehehe”. Sebagian dari diri gw rasanya pengen banget naroh muka di kolong meja aja. Habis itu malah jadi bahan ketawaan bareng dan gw masih aja nimpalin, “keliatannya sama ya…” Hahahhaha…..

Gw emang susah bedain buncis sm kacang panjang. Bukan berarti gw ga bisa masak ya. Kalo gw yang masak, gw tau. Kacang panjang kan panjang banget sampe biasanya bisa ditekuk terus diiket karet. Sedangkan buncis pendek-pendek, juga biasanya masuk plastik, bukan ditekuk terus diiket karet kayak si kacang panjang. Tapi kalo udah di potong-potong disaji di piring atau kotak ketering gw gak tau lagi tuh. Keliatannya sama! Mereka hijau dan bulat!

Leave a Reply

