Story #28. Mengenal Kelas Kebugaran di CelFit

Hello there,

Cari tau yuk ragam kelas di CF, pastiin lw dulu kebutuhan lw apa, baru deh ikutan kelasnya. Kaegori yang gw buat ini subyektif cuma dari pengalaman & pengamatan gw doang.

  1. Kategori Stretching, Pernapasan

Gw mengkategorikan kelas Yoga disini karena menurut gw memang gerakan yoga lebih pada melenturkan otot tubuh dan latihan pernapasan. Walaupun kelihatannya sepele, tapi di beberapa kelas bisa lumayan keringetan juga lho. Secara umum, kelas yoga memperkuat dan  membuat bagian tubuh seperti kaki, lutut, pinggul, lengan, perut, pundak menjadi lebih lentur.

Berikut beberapa kelas yoga:

  • Hatha
    • Ikut kelas hatha ini lumayan deh capeknya. Tempo gerakannya cepet dan berulang selama kira-kira setengah durasi kelas. Kelas ini biasanya penuh. Beda sama gentle yoga yang biasanya lebih sepi. Di hampir akhir kelas biasanya trainee kasih gerakan untuk dilakukan per individu. Jadi misalnya dy kasih contoh gerakan kayak khayang dengan kepala di bawah dan lutut bertumpu pada siku. Nah yang mau lebih ekstrim boleh coba naikkan 1 kaki, lalu 2 kaki sehingga sama-sama lurus keatas. Yang baru awal ikut kelas yoga kalau mau dibantu juga trainee nya hands on. Gw pernah sebelahan sama 1 cewek kayaknya masih muda banget, mungkin anak kuliah. Dengan gampangnya dia ikutin gerakan si trainee. Pas gw tanya, ternyata ni cewek udah setaunan lebih ikut kelas ini. Weeww….pantesan gw tiarap banget sebelahan sama dia. Hahaaa…
  • Vinyasha
    • Pada Vinyasha yoga, bagian tubuh yang berasa dilatih di bagian pundak, lengan, dan perut. Gw cuma beberapa kali ikut kelas ini, dan dari beberapa kali itu gw masih belum juga bisa pegang jempol kaki pada posisi duduk di matras dengan kaki lurus kedepan. Tangan gw cuma bisa sampe dengkul, lalu lama kelamaan bisa sampe betis. Lalu semakin lama gw semakin malas jadi sampe sekarang gak bisa-bisa. LoL :)). Vinyasha ini banyak menguras energi, gerakannya gw susah ikutin. Kaki dan lengan mesti kuat untuk bisa ikutin gerakan-gerakan disini.
  • Gentle
    • Kelas ini cocok buat relaksasi deh. Pertama kali gw ikut kelas yoga, “menu”nya gentle yoga. Gerakannya bener-bener bikin rileks, temponya lambat, cocok buat melepas stress setelah seharian beraktifitas, tidur malam jadi lebih nyenyak.
  • Basic Yoga
    • Ini mirip dengan Hatha Yoga yang cocok untuk pemula. Cuma durasinya lebih pendek dan fokus gerakan lebih pada teknik yoga.
  •  Pilates
    • Ini nih jenis yoga yang banyak diikutin artis-artis manca negara. Kalo di Indo, ada Sophia Latjuba yang katanya rutin latihan pilates. Ini jadi motivasi lho, biar pas udah umur 42 punya 2 anak tapi perut masih rata :). Gw gak pernah ikut kelas ini, karna kelasnya selalu cuma jam 18.00 sementara gw jam segitu masih beredar di rimba lalu lintas jakarta 😦 Info yang gw dapet, di kelas pilates fokus latihan ada di perut.
  • Kids Yoga
    • Yang ini sih tambahan aja menurut gw. Kelas yoga untuk anak-anak, ada tiap hari minggu jam 11.00. Free sampai si anak usia 11th kalau orang tua / ada anggota keluarga yang member di CF. Keponakan gw beberapa kali ikut kelas ini. Katanya seru sih. Gw pernah ngintipin juga, kelas ini ngelatih pernapasan dan otot ringan anak-anak.

2. Kategori Dance

Di kategori dance ini ada beberapa kelas. Seru-seru sih kelasnya. Biasanya tiap latian pasti ada gerakan baru. Seduce adalah kelas favorit gw.

  • Seduce
    • Gerakan dinamis, tempo cenderung cepat. Gerakannya lumayan mudah diikuti. Fokus pada pembakaran lemak diperut dan paha.
  • Body Jam
    •  Yang dilatih disini bener-bener seluruh tubuh. Buat gw yang pemula banget, gerakannya susah. Banyak puter – liuk – goyang dari tangan, pinggul, sampe kaki. Tapi seru! 🙂
  • Zumba
    • Zumba ini gerakannya lebih cepet dan dinamis daripada seduce. Pengaruh juga di pembakaran lemak.
  1. Kategori Angkat Beban
  • Body Pump
    • Kelas ini melatih otot dengan angkat beban. Fokus latihan pada kaki, dada, punggung, otot tangan belakang, otot tangan depan, pantat dan paha, bahu, serta perut. Hati-hati jangan paksakan beban, pastikan beban sesuai porsi aja. Gw pernah agak maksa nambahin beban pas latihan paha, hasilnya hampir seminggu paha gw njarem.
  • Body Combat
    • Kelas ini mirip bela diri, rekomen banget buat menguatkan dan mengencangkan otot.

3. Lain-lain

  • RPM (Cycling)
    • Nah kalo RPM ini tentang tempo dan kekuatan. Seru lho kelas ini. Otot yang dibentuk tentunya paha, betis, perut. Kalo ikut kelas ini sebaiknya pakai celana yang ada ganjelannya, khusus celana biking. Sepatu juga sebaiknya yang bagian bawahnya flat keras, beda sama sepatu lari / dance.

Seru-seru kan kelas di CF. Yang males latian sendiri, bagus juga ikutan kelas. Lebih termotivasi karna banyak temennya. Instrukturnya juga friendly, musik juga disetel lagu-lagu yang lagi ngehits. Pass laahh…

Sekian sharing hari ini,

Sampai jumpa di next story 🙂

Ciao :3

Advertisements

One thought on “Story #28. Mengenal Kelas Kebugaran di CelFit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s