Story #36. Cancel Gym Membership Contract di Celebrity Fitness

Hello fellows,

Gw udah setahun ini join Celebrity Fitness dan gak ada masalah apa-apa. Tentang pemaksaan ambil program PT yang sering di gembar-gemborkan netizen member CF juga aman-aman aja bisa gw lewati. Tapi rasanya gw perlu share sedikit yang gw tau tentang kalo kita mau menyudahi keanggotaan kita. Ini teori prosedurnya, secara fakta gw belum pernah coba sih. Yuk simak:

Untuk keanggotaan Celebrity Fitness, jangka kontrak kan berlaku per 12 bulan, Kalau kita memilih untuk mengakhiri kontrak sebelum selesainya periode, kita diminta untuk membayar biaya pembatalan sekitar IDR500.000 (ini info dari marketing CF, gak tau periodenya di harga ini)  di lokasi klub kita. Untuk ini, kita juga akan perlu membawa kartu keanggotaan Anda dan Kartu Identitas (IC). Kita juga akan diminta untuk mengisi Formulir Pembatalan Permintaan (CRF), yang hanya dapat diisi petugas Celebrity Service di lokasi klub kita. Salinan CRF akan diberikan kepada kita sebagai bukti pemutusan. Ini disebutkan di poin 4 agreement letter kita, sbb:


Poin 4 Agreement CelFit

Tulisan penting yang dicetak kecil2 gini. Kalo bukan karna bahan blog, gw males banget bacanya…LOL!

Setelah melakukan pembayaran biaya pembatalan, kita diijinkan untuk menggunakan fasilitas gym selama 30 hari, ini sebagai deposit yang kita bayar diawal untuk iuran bulan terakhir akan dikenakan biaya sebagai langganan terakhir bulan kita (Ingat waktu awal daftar dikenakan biaya admin + 2 bulan membership). Kita perlu meminta penghentian keanggotaan maksimal dari lima hari sebelum tanggal pemotongan autopay berikutnya, sehingga kita tidak akan dikenakan biaya untuk iuran bulan berikutnya.

Pada agreement letter baris ketiga dari bawah itu disebutkan, “Anggota yang mengakhiri keanggotaannya setelah jangka waktu aktif 6 atau 12 bulan sesuai perjanjian atau dalam 14 hari pertama setelah tanggal bergabung tidak akan dikenakan biaya perjanjian”. Disini gw agak rancu sih, member yang melakukan pembatalan sebelum periode membershipnya berakhir akan dikenakan biaya pembatalan (cancelation fee) tapi jika kita mengajukan pembatalan setelah lewat masa perjanjian pertama, yang artinya kita menjalani periode kedua kita, maka kita tidak akan dikenakan cancelation fee. Kayaknya gitu sih, dengan catatan, pengajuan pemberhentian membership dilakukan setidaknya 14 hari kerja sebelum tanggal penarikan otomatis.

Gw ada denger kasus oper membership, yang sebenernya gak diperkenankan oleh pihak manajemen, tapi itu terjadi untuk menghindari pembayaran cancelation fee, jadi lebih baik menjual sisa keanggotaan ke orang lain. Ada dua kategori alasan seseorang menyudahi keanggotaan. Kategori pertama yaitu alasan positif misal: pindah keluar negri / kota yang gak ada CF nya, jadi terpaksa stop. Nah ada kategori kedua yaitu alasan negatif yang sering jadi bahan omongan misalnya: gak tahan karna di push terus suruh ambil PT, atau ada pengalaman pribadi lain yang nggak menyenangkan. Tentang kasus oper membership ini, gw pernah di telp sama customer care atau apa gitu namanya, yang jelas bukan marketing, bukan PT. Gw ditanya gimana pengalaman selama ini di CF, dan ditanya juga apakah ada bentuk abuse dari orang CF untuk menjual membership ke orang lain? Gw jawab sih ya sampai hari ini baik-baik aja, nggak ada abuse apa-apa. Nah si mbak ini jelasin bahwa bentuk pengalihan membership itu nggak diperkenankan, dan jika ada kejadian mohon dilaporkan ke manajemen gitu sarannya.

Tentang Personal Trainee (PT) yang -katanya- suka terlalu maksa member untuk join PT, yah itu sih balik lagi ke kita sebagai member. Sampai dengan satu tahun gw join ini, gw nggak ambil PT, nggak tergiur ambil PT, dan nggak perlu kucing-kucingan kalo ketemu para PT. Gw dulu cuma ambil gratisannya doang yang waktu itu gw pake buat tanya cara pake alat-alat gym. Maklumlah, gw awam banget.

Gimana biar nggak stress ngadepin tawaran PT? Gampang! Once you say no, then keep say no! Maksudnya gini lho, tanpa harus bertutur kata kasar dan nyelekit, tanpa juga mesti nyakitin PT dengan kepergian mendadak kita dari CF (misal kita kucing-kucingan sama dia tiap latian, atau mendadak stop membership). Bilang aja baik-baik kalau kita belum merasa butuh, nanti kalau udah butuh pasti kita bakal kontak deh. Kalem aja bebs, tapi tetep teges kalo memang lw gak mau karena bisa jadi 2 alasan:

1. Gak butuh-butuh amat, secara udah tau cara pake alat & pilihan kelas yang bisa diikuti lumayan beragam.

2. Bayar PT mahal. Sebenernya mahal/murah relatif sih, PT gw pernah tawarin gw harga PT mulai dari 9jt an hingga menurun tajam cuma di angka 2jt an deh kalo ga salah. Semuanya gw gak ambil karna gw no budget! Masa gw bela-belain bayar PT tapi sehari hari makan gw cuma mi instan?! Malah gw gagal sehat itu sih! LOL. In fact, gw tipe self motivated, jadi emang motivasi hidup sehat gw bukan karena ketularan orang lain termasuk PT tapi lebih karena kesadaran diri sendiri.  Gw membayangkan hidup dengan PT malah bakal nambah beban psikis gw doang. Bayangkan, akan bertambah satu orang lagi yang bawel dengan urusan makan apa, jadwal makan, dan latian. Oh dear, sorry I can’t stand it. This life things are already complicated for me, I just wanna have fun and burn calories at the same time :))

Well that’s all from me,

See you in the next episode of my life!

Ciao!

7 thoughts on “Story #36. Cancel Gym Membership Contract di Celebrity Fitness

    1. Hai Nisa, saya lupa nama tempat fitnessnya. Letaknya di daerah Jl. Laksda Adisucipto, dekat jalan masuk ke Nologaten. Itu ruko 2 atau 3 lantai deh. Yang bawah kepake buat apotek gt, nah atas ada tempat fitness & studio senam. Kalo dari arah janti, mesti puter balik di depan amplaz deh. Tapi kadang sy suka melipir karena keluar lewat Jl. Nologaten. Dikit doang kok, hehehhe… Dari beberapa tempat serupa, itulah yang terdekat, jadi sy kesana.

      Pilihan lain yg recommended itu di Hotel Yogyakarta Plaza, mrican (Jl. Colombo). Untuk kelengkapan alat fitness, disana paling lengkap (hasil survey th 2008an deh). Plus ada kolam renang! LOL :-*

  1. Hi km jadi masi join celfit karawaci nich? Aku pgin si soalnya abis caesar blm balik olahraga berasa banget badan cpt cape. Cuma itu aku jg dgr berita ga enak ttg celfit

  2. sis katanya kalo mau keluar membership keluar gitu aja tanpa persyaratan apa apa gpp? ap bener? kan waktu join pun ga ad TTD diatas Materai??

    1. Haii,
      Ya kalo udah lewat periodenya emang udah ga kena penalty deh. Pas ttd kontrak betul gak pakai materai. Cuma kartu kredit kita terrecord disana dan itu kan terpotong otomatis sesuai tagihan.

Leave a Reply

