Story #40. My Official Travel

Hello there,

Official Travel alias perjalanan dinas. Gw lumayan sering travelling singkat untuk urusan kerja sekalian icip-icip nikmatin kota orang. Dari dulu dapet kerja, trus pindah kerja pun dapetnya model begini lagi begini lagi. Maksudnya, sering travelling. Bidang kerjanya sih beda-beda, jadi gak bosan dan lebih ada tantangan. Gw mau share nih, tentang barang bawaan yang antara penting gak penting untuk dibawa. Untuk orang lain mungkin gak penting, tapi buat gw itu penting.

Tulisan ini berhubungan dengan travelling, tapi dengan kopor, ransel kecil, bukan backpacker. Travelling untuk urusan kerja, jadi baju dan bawaan juga menyesuaikan. Untuk travelling dengan backpack, next time deh gw tulis 🙂

3801083

Gw mulai dari jenis tas, barang bawaan, lalu tips packingnya ya! So here we go…

What Bag

Untitled-1

Nah, pertama lw mesti tentuin dulu model tas apa yang bakal lw pake. Kalo travellingnya karena dinas kantor yang menuntut lw pake baju formal, rasanya kurang pas kalo pake backpack besar. Lagian baju yang gw pake jadi lecek kalo semua barang masuk tas ransel, kan berat dan dibawa di punggung. Kasian juga kan punggung dan pundak gw. Jadi gw biasanya pake travel bag beroda yg ukuran cabin (sebisa mungkin gw menghindari bagasi). Plus bawa tas ransel isi laptop & beberapa perlengkapan kecil-kecil tapi penting.

What to Bring

WP_20160227_15_31_02_Pro

 

  1. Setrika kecil dan Catokan rambut. Ini penting nih dan wajib ada. Hehehe… gw bawa setrika kecil merek Tobi. Karena kecil, jadi ringkes. Bisa steamer juga, ada kok perangkat bulu sikatnya. Tapi gw selalu cuma bawa ini doang. Di pasaran, bentuknya macem2. Ada yang wand juga.   Untuk alas setrika bisa pake handuk / di kasur hotel. Catok rambut ga boleh ketinggalan. Kalo catok, gw gak pake yg mini2, ukuran standar aja. Bawa ukuran mini sayang, malah bakal lama nyatokin rambut.
  2. Peralatan mandi & body treatment lengkap tapi seadanya. Usahakan lw bawa ukuran kecil aja. Kalau cair, maksimal 100ml. Sabun mandi, facial wash, shampoo, odol, sikat gigi, cukuran ketiak, deodoran, lotion, body scrub* (penting). Kalo pergi karena urusan kerja tuh penatnya lebih berasa. Jadi gw suka memanjakan diri dengan scrub-an sekalian mandi. Nah kalo di rumah kan pot wadah scrub biasanya gede, jadi gw pisahin sebagian di wadah kecil jadi gak terlalu makan tempat. Percayalah, semua perlengkapan bisa “dikecilkan” (diambil sebagian untuk dipindah ke wadah yg lebih kecil, ini berlaku untuk barang yang di pasaran memang cuma ada kemasan besar). Sedikit tips untuk sabun & shampoo, di pasaran ada tersedia yang head to toe, jadi praktis. Bawa 1 botol aja bisa sabunin dari ujung rambut sampe ujung kaki. Kalo backpackeran malah bisa bawa sabun yang bentuknya lembaran, for all purpose: keramas, sabun badan, muka, bahkan cuci baju. Nah, gw ada tips nih untuk meringkas sabun & lotion: pake sabun yang extra lembab, jadi gak usah pakai lotion lagi. Kayak gw, pake sabun oilum, seringnya ga usah pakai lotion lagi. Sayangnya oilum versi cair jarang nemu, jadi ya gw bawa batangan.
  3. Personal Medicine. Whatever you may bring 🙂  Idenya sama, bawa seringkas mungkin. Ditaruhnya di tempat yang gampang terjangkau tangan kapanpun ya.
  4. Others. Sepele tapi penting: colokan T dan semua charger gadgetlw. Penting juga bawa colokan bentuk T, buat jaga-jaga kalo di public sphere, colokan terbatas lw bisa win win solution sama orang lain dengan colokan ini. Mini roll cable juga oke. Apapun, asal ringkas. Selain itu, selipkan juga sandal jepit! hehehe..biar sepatu heels nya istirahat sejenak sementara gw jalan-jalan cantik nan cuek setelah urusan kerja selesai.

Untitled-1

Packing Tips

Well… dengan setrika mini di tas, lw bisa memaksimalkan baju yang lw bawa. Lipat sekecil dan seringkas mungkin, lecek gak masalah, kan ada setrika! Yeayy!! Susun serapih mungkin. Kalo perlu, oleh-oleh untuk orang rumah tuh masuk koper. Jadi gak ribet nenteng2 di bandara, bebas taruh di cabin, ga usah nunggu bagasi. Lamaaaa ciing!Meme_kabel-kusut-memang-bikin-jengkel_[wap.filezombi.com]

Yah, lw bisa pake pengikat kabel / minimal pakai karet gelang.

That’s all from me for now,

See you in the next episodes. Ciao!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s