Story #42. Childhood Seru: Serial Petualangan Tintin!

Hello there,

image

Siapa yang lahir tahun 80an (atau sebelumnya) harusnya kenal sama komik asal Perancis ini. Komik serial petualangan dengan tokoh utama adalah bernama Tintin. Kalo lw anak angkatan 80an dan bilang gak kenal komik ini, wah… masa kecil lw kudet a.k.a kurang update!

Sebagai anak-anak, sampul komik ini catchy banget. Dicetak full color, lembarnya besar, dan kertasnya pun bagus! Sebagai bocah, visual komik ini memikat hati. Komik Tintin pertama gw adalah Lotus Biru. Papa yang beliin. Setelah dewasa ini, gw baru tau kalo itu adalah masterpiece nya Herge. I was always wondering how old is he and what do he do so he travels a lot. I admire him since I was a kid. Dan baru tau juga kalo ternyata Herge melakukan riset yang mendalam untuk setiap cerita petualangan Tintin dan Milo. WOW! Gak heranlah bikin ketagihan bacanya.

Well, tadi tentang sampul, sekarang bahas isi komiknya deh. Tintin yang diceritakan sebagai seorang jurnalis melakukan banyak petualangan konyol, menegangkan, dan bikin pembaca penasaran. Semua karakter terpapar kuat tapi smooth. Karakter utama, pembantu, bahkan sekedar karakter tambahan seperti orang lokal di suatu tempat yang dikunjungi Tintin. Dalam setiap cerita, pengungkapan rahasia demi rahasia dikemas sangat baik, bahkan gak ketebak!

Bicara karakter, komik ini pertama kali di tahun 1956. Hitung aja udah berapa lama komik ini eksis. Tapi setiap karakter disana tuh kayak “karakter abadi” yang nyata bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari saat ini.  Semua karakter ada: Karakter Tintin yang selalu waspada dan peka situasi, The Dupont / Thompson yang sok pinter, oportunis, dan tingkahnya ga penting. Jangan lupa Milo si little terrier yang loyal dan pintar walaupun kadang konyol.

Kenangan gw sama komik ini adalah dorongan rasa penasaran untuk setiap petualangan Tintin. Meskipun bentuknya serial, tapi satu serial untuk satu petualangan, bukan berenti baca dengan status hanging. Tintin gak pernah tambah tua, seperti juga Milo yang selalu imut! Mungkin karena terpengaruh Tintin yang sering bepergian, gw jadi suka juga travelling. Cari kerja bahkan yang bukan murni di belakang meja : ) Saat ini, gw baca Tintin sampai berulang – ulang, buat bacaan sambil jalan, salah satunya yang gw foto diatas. Inspirasi hidup yang gw dapet dari karakter utama komik ini antara lain:

  • Travels, travels, travels! Hidup adalah untuk menjelajah banyak tempat. Life is an adventure.
  • Anjing adalah teman setia dan loyal
  • Be independent, jangan bergantung pada orang lain. Tintin bahkan gak punya keluarga. Cuma ada Milo, tapi hidupnya penuh petualangan seru.
  • Melek situasi politik dan mencoba memahami ideologi suku bangsa/negara/komunitas tertentu itu perlu.
  • Meski hidup sendirian, Tintin memegang teguh nilai-nilai moral kepahlawanan seperti menghindari kekerasan fisik,  bersikap adil, berani membela kebenaran, juga sayang binatang.

Seangkatan dengan Tintin, masih ada Asterix and Obelix, Smurf, Masupilami, dll yang gw gak inget lagi. Mengisi masa kecil dengan komik-komik “sehat” sungguh menyenangkan. Tapi ketika Tintin di film kan pada 2011, gw malah menahan diri untuk nggak nonton. Alasan gw, karena itu karakternya manusia (walaupun 3D ya). Ga mau fantasi yang terbangun dari pembacaan komik jadi rusak karena  yang digambarkan dan dibayangkan jadi beda sama yang di film : (

Sampai dengan beberapa tahun yang lalu, gw sempet kesulitan cari komik Tintin di toko buku. Bahkan sampe berpaling baca komik lain, “Duh Tintin my darl, so sorry!” Tapi pertemuan kembali gw dan komik ini di salah satu rak Gramedia tuh rasanya seneng minta ampun!! Layak untuk di koleksi :-*

That’s all from me. Gotta go now, Tintin is about taking my pic. LOL. See you in my next episode of life. Ciao! : -*

Untitled-1
“Hold on beb! Ok, I’m pose!”
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s