Story #59. Cheers To The Freakin’ Weekend

Hey there,

How are you guys doing? If you’re about to spend a weekend with your gank, then you may consider what I’ll show you.


Wanna guess where? It’s in Maribaya, Bandung. As we’re stayin Jakarta, we took a travel on friday night after office hour. It took about 2-3hours to reach Bandung thru highway. From Jakarta, the travel fare is 120K per person. The travel bus dropped us in their final stop in Cihampelas. We stay the night at the airbnb hotel close to Ciwalk. My best suggestion, do book the hotel days before, or if you book on the spot please compare the price that shows in traveloka or etc and direct call to the hotel.

We start our journey early in the morning. We took a rent car that picked us up in the hotel and take us to The Lodge Maribaya. Cost for the rent car was 700K for a full day book, include the driver and gas. We stop by at small resto for a breakfast on our way to Maribaya. The trip took about couple hours. Thank God we had breakfast  because the road is rocky, might cause you sick if you had empty stomach.

The Lodge Maribaya is an outdoor attraction. Suits for family (not suggest for babies) and friends. You should pay 20K per pax at the entrance gate and you deserve for a free fresh water when you exit (we didn’t took the water anyway, forgot we had one). Inside, you’ll find beautiful mountain view and some attraction you can play and took a great photo spot such sky tree, zip bike (this one is so much fun, swear, you should try!), and sky wing. Should pay (again) 15K – 20K for each. It’s not an all in ticket, so you won’t feel bad or feel lost if you ain’t play anything just because you don’t have enough guts to play! LoL!

We spent like a half day there. We stop due to the rain that comes right after we play the zip bike. We trapped with the rain but we’re happy with the siomay and mendoan at the food court there. They do not allow us to bring F&B from outside, but the food taste there are not bad at all. We leave there after the rain.

Our late lunch was in sundanese restaurant. We ate a lot and having a good deal. 7pax (big portion) and spent less than 300K. WOW!

After it we leave to the downtown. We visit a Upside Down World at Lebak Gede, Coblong. Pay the ticket 100K per each. A bit expensive, yes, but you won’t be sorry cause you’ll have your best experinces having a loooooottt of cute photos! There are staff that will happily helped us taking good pictures!

End of The Upside Down World, we drive to Lembang and having a coffee time in Lawangwangi Art Lounge Bandung. The F&B price is a bit expensive but the view and the place is worth it all :-). Too bad it was foggy so we have limited photo shoot. But it was a lot of fun as we always have some fun in every single situation! We end up our journey that night by staying at the hotel at Lembang, then go to drink fresh milk, and having a mid night dinner! LoL. As we leave in the morning, we were having lunch at Lapo and spoil ourselves eating pork which is so delicious, like you can taste heaven at the tips of your tongue (Haha… I’m sorry, I’m just a pork lover).

That’s how we spent our short weekend!

I’m sorry for not sharing too many pictures here. If you feel interest, then you should explore it yourself! Go grab your backpack for this weekend.

 

See you in my next episodes of life stories.

Ciao!

 

 

 

 

 

Story #55. Do these 8 things for your best travelling plan

Hello there,

Have you ever feel that prepare a travelling plan sometimes take like forever but still you missed something? Here I got 8 things usually on my check list, I’ll share them for you 🙂

1. Flight Ticket and Hotel

Book a flight ticket and hotel to get the best deal is true. I have several travel app and I keep compare the price for the same hotel and flight. My best deals are always come from an app name Trav*L*ka. Prices are cheaper, set in the nett price, and the app is very easy to use.

2. Tour Destination

Sometimes, “the plan is no plan!”. It is wise to plan where and what kind of places you’ll visit during the trip. But sometimes other you can just go with the flow. Be spontan, do have  no plan. Try it! You can choose whether shopping, visit historical and/or religious place, join with the local people such visit a local school in the country side and having a fun time with the kids there. Learn their language, play around with them. Wherever you choose to go and whatever happen there, be happy!

3. Outfit

Make sure that shirts that we bring are suits to the places. My first travelling to Thailand I didn’t realize that I will visit vihara. All my shirts are sleveless/tank top, and of course hot pants as my most comfy ever. Everytime I visit vihara I have to pay 20BHT to rent a pashmina or a coat to cover my legs and arms.

4. Personal Medicine, Sewing Kit (at least peniti).

Yes, you do need to bring your personal medicine. For ease, I -try to- always bring a medicine for my gastric acid, the super magic stamp Salonpas, telon oil, and amox for just in case I had a sore throat attack! 

Bring also a bandage, it might help to save your foot finger if you walked a lot. The last, simply sewing kit like the one they provide at the hotels, or at least pin/peniti.

5. Copy of Personal Document

Nobody expect for bad things to happen. But it’s not bad to have a copy of your passpor. Do print it and bring along with you in a seperate pocket (don’t put it inside the passpor, for sure it’ll useless), and also have it in a soft copy in your email.

6. Electric Plugs

Because in a public area, sometimes you need like 3-4 plugs while you have to share the plug with other people. So bring our own plug is necessary thing to bring. I always bring it, and my bad, I often left it in the place I stay. Forget to put it back on my bag when I leave. 

7. Offline Map

Maybe it is not really necessary but  not every area in this world are covered by a good signal and isn’t it good to keep your internet quota? The main reason why I keep my nokia phone is because it’s offline nokia maps. Yippieee! 
8. Extra Bags

No matter where you go, try not to come back home with an empty handed. At least you bring a little gift from your journey, or, should prepare an extra bag(s) so you may load more gifts for people around you when you’re home.
My next episodes of life is coming!

Ciao!

Story #51. Awkward to be a solo traveller? Nope with this 8 reasons!

Hi there,

For you who consider to travels by yourself and feel like awkward or get hesitate, here I got eight thing to convince you that there’s no awkward of becoming a solo traveller:

1. Meeting new people, making new friends

This world is full with hundred types of people. I can mention 2 types that you’ll see on your trip: The one that friendly and the one that too friendly! LOL! Which one suits you, it must depend on your mood and the situation. But any of them, you’re about making new friends.

2. A silent moment 

Visit a crowd place but you’re just by yourself? No worries, just enjoy it! Pay attention on people and anything around you, that’s excited :-* You maybe quite, but you observe and remember everything. Just be carefull with your belonging while you’re observing.

3. Me Time 

Yes it is, a me time! After you (can read as I) rush your daily life, you deserve a me time. Sometimes in life, you just need to be disconnected and enjoy your own company. Imagine that you’re in  a beautiful place, just on your own and you can clear up your mind. You can have time to figure out who you are, who you want to be, and where you want to go. Trust me, you should try! It works for me anyway.

4. Break your limit

Be brave, be nothing to loose, do not worry too much. Know your limit and then ignore them, never stop trying to break them. You can only have one life! Go hard! 

5. Life is full of surpise

You’ll never know what and who is coming to you. Life is full of surprise and serendipity Being open to unexpected turns in the road is an important part of success. If you try to plan every step, you may miss those wonderful twist and turns. Just find your next adventure-do it well, enjoy it-and then, not now, think about what comes next (Condoleezza Rice).

As I’m looking for a definition of serendepity, i found a good one: “Serendepity is finding something good without looking for it”. Sweet, eh?!

6. Let it flow, let it go

On planning the trip, it is good to think about your detail ittenary. But sometimes you just need not to think. Have you ever feel like you just wanna go somewhere and dissapear? That’s exactly whats comes in my mind, then I know that I should leave for a while. After it I return with a soul full of spirit. Let it flow, let it go. A short trip can boost your mood!

7. You can still count on somebody else

I have one quotes for this point: hard times will always reveal tru friends!

8. Stop looking for a reason, go grab your passpor and leave for a while! 
Ciao!

Story #41. 10 Kalimat Papa di Mobil saat Kamu yang Duduk dibalik Kemudi

Hey there,
Saat kamu masih bocah, mungkin papa adalah orang yang paling sering kamu lihat nyetir mobil dengan kamu duduk di bangku penumpang. Saat kamu dewasa dan -kebetulan- bisa nyetir mobil, boleh dong gantian kamu yang nyetirin papa. Masalahnya, papa yang udah setidaknya dua puluh tahun nyetir, mau gak mau harus adaptasi duduk di samping pengemudi.

This is 100% my personal experience. Ada 10 kalimat yang hampir selalu diucapkan papa saat kamu yang duduk di belakang kemudi:
1. “Jangan zig zag gitu bawa mobilnya… ikutin aja sih jalurnya”. Yaaa… kita kan cuma mau nyalib mobil depan yang keong itu aja sih, terpaksa nurut deh. LOL

2. “Pindah gigi 5 jangan 4 terus…” diem satu tarikan napas, trus bilang lagi “…ga usah ngebut-ngebut!” Nah ini susah, jadi mau gigi 5 tapi jangan ngebut : p

3. “Awas! Awas! Mobil depan ngerem tuh”. Kalo yang ini suka bikin kaget sih, secara kita kan liat juga, cuma ngerem nya entaran karna jarak cukup jauh, atau kita mau zig zag karna lebar jalan masih cukup dan kita liat celah untuk nyalib.

4. “Kamu jangan sambil main hp donk, liatin jalan tuh” hehehe…kalo ini ya bener banget sih. Tapi kan kadang suka curi-curi pegang gadget kalo pas lagi macet.

5. “Itu salah tuh cara pegang setirnya”. Jadi pegang setir itu memang persis di kanan kiri lingkar kemudi, bukan posisi lain apalagi satu tangan. Emangnya lagi akrobat?! LOL

6. “Awas donk, kiri mepet banget nih”. Hehehehehe….

7. “Jangan klaksonlah, sabar dikit donk!” Nggak sabar adalah salah satu ke khasan penikmat jalan raya.

8. “Ambil kanan donk, kita kan mau belok kanan. Kok kamu ke kiri banget gini”. Well, rimba lalu lintas terutama di jakarta yah.. kalo kamu mau belok kanan dan jalanan padat, ambil dulu paling kiri, baru sikat abis ke kanan. : p

9. “Ini gigi berapa sih, ngebut amat”. Nah yang ini agak rancu dari yang nomer 2 tadi.

10. “Kalo gak tau jalan tu buka aplikasi map dari tadi kek”. Hehehe… buka dari awal berangkat tadi mah bikin boros batre, jadi ntar ntar an lah nunggu udah kaga tau. Kalo waktu tempuhnya sejam kan mayan tuh batrenya : )).

Walopun ada 10 kalimat itu, tetep aja berkendara sama papa adalah suatu kerinduan. Dulu awalnya kesel kalo kalimat-kalimat sakti itu udah keluar. Tapi sekarang kadang justru sengaja mancing biar beliau nyebutin lagi setidaknya tiga dari sepuluh. LOL.

See you in my next episodes of life,
Have a great day with your papa!
Ciao!

Posted from WordPress for Android

Story #40. My Official Travel

Hello there,

Official Travel alias perjalanan dinas. Gw lumayan sering travelling singkat untuk urusan kerja sekalian icip-icip nikmatin kota orang. Dari dulu dapet kerja, trus pindah kerja pun dapetnya model begini lagi begini lagi. Maksudnya, sering travelling. Bidang kerjanya sih beda-beda, jadi gak bosan dan lebih ada tantangan. Gw mau share nih, tentang barang bawaan yang antara penting gak penting untuk dibawa. Untuk orang lain mungkin gak penting, tapi buat gw itu penting.

Tulisan ini berhubungan dengan travelling, tapi dengan kopor, ransel kecil, bukan backpacker. Travelling untuk urusan kerja, jadi baju dan bawaan juga menyesuaikan. Untuk travelling dengan backpack, next time deh gw tulis 🙂

3801083

Gw mulai dari jenis tas, barang bawaan, lalu tips packingnya ya! So here we go…

What Bag

Untitled-1

Nah, pertama lw mesti tentuin dulu model tas apa yang bakal lw pake. Kalo travellingnya karena dinas kantor yang menuntut lw pake baju formal, rasanya kurang pas kalo pake backpack besar. Lagian baju yang gw pake jadi lecek kalo semua barang masuk tas ransel, kan berat dan dibawa di punggung. Kasian juga kan punggung dan pundak gw. Jadi gw biasanya pake travel bag beroda yg ukuran cabin (sebisa mungkin gw menghindari bagasi). Plus bawa tas ransel isi laptop & beberapa perlengkapan kecil-kecil tapi penting.

What to Bring

WP_20160227_15_31_02_Pro

 

  1. Setrika kecil dan Catokan rambut. Ini penting nih dan wajib ada. Hehehe… gw bawa setrika kecil merek Tobi. Karena kecil, jadi ringkes. Bisa steamer juga, ada kok perangkat bulu sikatnya. Tapi gw selalu cuma bawa ini doang. Di pasaran, bentuknya macem2. Ada yang wand juga.   Untuk alas setrika bisa pake handuk / di kasur hotel. Catok rambut ga boleh ketinggalan. Kalo catok, gw gak pake yg mini2, ukuran standar aja. Bawa ukuran mini sayang, malah bakal lama nyatokin rambut.
  2. Peralatan mandi & body treatment lengkap tapi seadanya. Usahakan lw bawa ukuran kecil aja. Kalau cair, maksimal 100ml. Sabun mandi, facial wash, shampoo, odol, sikat gigi, cukuran ketiak, deodoran, lotion, body scrub* (penting). Kalo pergi karena urusan kerja tuh penatnya lebih berasa. Jadi gw suka memanjakan diri dengan scrub-an sekalian mandi. Nah kalo di rumah kan pot wadah scrub biasanya gede, jadi gw pisahin sebagian di wadah kecil jadi gak terlalu makan tempat. Percayalah, semua perlengkapan bisa “dikecilkan” (diambil sebagian untuk dipindah ke wadah yg lebih kecil, ini berlaku untuk barang yang di pasaran memang cuma ada kemasan besar). Sedikit tips untuk sabun & shampoo, di pasaran ada tersedia yang head to toe, jadi praktis. Bawa 1 botol aja bisa sabunin dari ujung rambut sampe ujung kaki. Kalo backpackeran malah bisa bawa sabun yang bentuknya lembaran, for all purpose: keramas, sabun badan, muka, bahkan cuci baju. Nah, gw ada tips nih untuk meringkas sabun & lotion: pake sabun yang extra lembab, jadi gak usah pakai lotion lagi. Kayak gw, pake sabun oilum, seringnya ga usah pakai lotion lagi. Sayangnya oilum versi cair jarang nemu, jadi ya gw bawa batangan.
  3. Personal Medicine. Whatever you may bring 🙂  Idenya sama, bawa seringkas mungkin. Ditaruhnya di tempat yang gampang terjangkau tangan kapanpun ya.
  4. Others. Sepele tapi penting: colokan T dan semua charger gadgetlw. Penting juga bawa colokan bentuk T, buat jaga-jaga kalo di public sphere, colokan terbatas lw bisa win win solution sama orang lain dengan colokan ini. Mini roll cable juga oke. Apapun, asal ringkas. Selain itu, selipkan juga sandal jepit! hehehe..biar sepatu heels nya istirahat sejenak sementara gw jalan-jalan cantik nan cuek setelah urusan kerja selesai.

Untitled-1

Packing Tips

Well… dengan setrika mini di tas, lw bisa memaksimalkan baju yang lw bawa. Lipat sekecil dan seringkas mungkin, lecek gak masalah, kan ada setrika! Yeayy!! Susun serapih mungkin. Kalo perlu, oleh-oleh untuk orang rumah tuh masuk koper. Jadi gak ribet nenteng2 di bandara, bebas taruh di cabin, ga usah nunggu bagasi. Lamaaaa ciing!Meme_kabel-kusut-memang-bikin-jengkel_[wap.filezombi.com]

Yah, lw bisa pake pengikat kabel / minimal pakai karet gelang.

That’s all from me for now,

See you in the next episodes. Ciao!

Story #21. Akhir Pekan ala Pulau Pari

Wisata ke Pulau Pari merupakan salah satu pilihan menghabiskan akhir pekan bersama teman-teman. Salah satu dari deretan kepulauan seribu ini memiliki daya tarik tersendiri. Dari pelabuhan Muara Angke, pulau ini bisa ditempuh selama dua jam perjalanan. Waktu terbaik untuk menyebrang adalah pagi hari sekitar jam 7. Saya dan lima orang teman waktu itu tiba di dermaga sejak pukul 6pagi. Kami menerobos kemacetan di Pasar Angke dengan turun dari taxi dan melanjutkan perjalanan menggunakan odong-odong dengan tarif Rp5.000,- per orang. Begitu lincahnya odong-odong di sana melewati jalan-jalan tikus sehingga kami tak perlu berjalan melewati jalanan  becek dengan aroma luar biasa amis hasil laut para nelayan yang dijual di pasar Angke. Kami pun bisa sampai ke dermaga lebih cepat. Setelah membayar biaya retribusi Rp2.000,- per orang, kami pun menuju kapal kami. Agak sulit mencari kapal mana yang harus kami naiki, agen wisata kami menyebutkan nama kapal Sri Serindit, tapi disana setidaknya ada puluhan kapal parkir berjajar tanpa nomor urut. Untuk menuju kapal yang kami tumpangi ternyata kami harus melewati tiga kapal lain. Melewati bukan dalam arti berjalan di sisi badan tiga kapal menuju kapal keempat, tapi kami naik di kapal pertama lalu berjalan ke sisi yang bersampingan dengan kapal kedua, memijakkan kaki di kapal kedua lalu berjalan lagi ke sisi yang bersampingan dengan kapal kegiga dan begitu seterusya hingga kami sampai di kapal yang membawa kami ke Pulau Pari.

Cuaca pagi itu sangat baik, ombak juga bersahabat. Dua jam yang kami habiskan terombang ambing diatas kapal hampir tidak terasa karena kami mengisinya dengan berfoto bersama, tidur, dan nge-game. Tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan diatas kapal selain karena kapalnya lumayan penuh orang, juga kondisi terombang ambing ombak tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas  semacam main halma dan ular tangga. Kebetulan setelah kapal beranjak dari dermaga, kami pindah duduk ke bagian luar depan kapal, jadi kami nikmati saja pemandangan langit biru, angin laut, dan air laut yang berombak kadang kecil kadang besar.

Sesampai di Pulau seluas kurang lebih 42Ha ini, kami rehat sejenak di homestay lalu bersepeda keliling pulau. Lokasi cantik pertama kami adalah Pantai Pasir Perawan. Mungkin dinamai demikian karena keasriannya, pantai pasir putih, air lautnya bening biru kehijau-hijauan. Pada pagi hari ketika kami datang, air laut sedang surut. Kami bisa menyebrang ke gazebo di daratan sebrang. Airnya hanya sebatas paha orang dewasa. Tidak berlama-lama, kami melanjutkan aktivitas siang kami dengan snorkling di sekitar Pulau Burung. Kami juga berkunjung ke Pulau Tikus. Saat snorkling, tak lupa kami membawa roti tawar untuk memberi makan ikan-ikan di dasar laut. Begitu roti tersebar kecil-kecil di sekitar tubuh, ikan-ikan kecil nan cantik akan segera menghampiri. Rasanya sangat menyenangkan bisa melihat ikan sedekat itu, bahkan bisa menyentuh badan kecilnya. Selain ikan, terumbu karang disana juga cantik. Namun kami harus berhati-hati, beberapa dari kami mendapat kenang-kenangan kecil berupa luka gores dan memar kecil akibat terumbu karang. Bagi yang kurang mahir berenang jangan kuatir, pihak agen biasanya menyediakan peralatan lengkap dari kacamata, selang snorkle, kaki katak, bahkan life vest jadi tetap bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa takut tenggelam. Pulau Burung dan Pulau Tikus adalah pulau terdekat dengan Pari dan bisa bebas dikunjungi. Pulau Tikus jauh lebih kecil daripada pulau Pari. Berdiri di bibir pantainya, kita akan bisa melihat ujung pulau.

IMG-20150819-WA0136

Entah kenapa diberi nama Pulau Tikus, nyatanya tidak ada satu pun tikus berkeliaran disana, yang ada malah soang : p Kami menghabiskan waktu dengan berendam di perairan dangkal. Seru! termasuk bagian ketika pasir masuk ke pakaian kami dan ketika kami “mentas” (berdiri dari air), rasanya dingin sekali. Tak terasa sore menjelang, kami bergegas naik ke kapal untuk kembali ke Pulau Pari karena berencana menikmati matahari terbenam di Pantai Pasir Perawan. Sayangnya sore itu matahari tertutup awan, jadi sunsetnya biasa saja.

Setelah makan malam, kami kembali menyusuri pulau. Kami akan menghabiskan waktu sejenak di tepi pantai sambil menikmati bebakaran hidangan laut, duduk di atas anyaman bambu, dibawah miliaran bintang di langit, mendengar debur ombak sambil menunggu hidangan yang sedang disiapkan. Setelahnya, kami kembali ke homestay untuk beristirahat. Kami tak sabar melihat matahari terbit yang katanya sangat indah bila dilihat dari dermaga.

Kami bangun agak kesiangan, langsung mengambil sepeda lalu bergegas ke dermaga. Kami beruntung, mataharinya masih malu-malu. Jadilah kami menunggunya terbit sempurna. Entah berapa lama durasinya dari ketika kami datang hingga sang surya 100% eksis, sementara kami asyik berfoto, saya rasanya malah ingin menangis melihat keindahan matahari pagi itu. Rasanya belum pernah merasa setenang itu dengan pemandangan yang saya lihat. Terpaan angin laut, warna langit, pantulan matahari di air laut, semuanya indah dan sempurna.

Sayangnya akhir pekan yang menyenangkan ini harus kami akhiri. Kami kembali ke homstay untuk sarapan dan berkemas lalu kembali ke pelabuhan Muara Angke dengan kapal Sri Serindit lagi. Kami tak sabar untuk jelajah tempat wisata lain jika nanti ada waktu senggang lagi. Akhir pekan ala Pulau Pari ini cukup untuk menjadi mood booster hingga liburan singkat kami selanjutnya.

Happy reading,

Ciao!

Story #23. Dari dan Menuju Pelabuhan Muara Angke

Helloo ^.^

Pergi wisata ke deretan Kepulauan Seribu emang seru, saya akan berbagi pengalaman berangkat dan pulang ala murah meriah. Sekedar informasi, per Juli 2015 keberangkatan kapal dari Kali Adem, jadi meeting point sama agen dan kelompok tur gak lagi di pom bensin. Kapal yang berangkat dari sini adalah jenis kapal biasa, bukan kapal cepat. Kapal cepat biasanya berangkat dari Anyer dengan tambahan charge Rp350.000,- per orang per sekali jalan.

Waktu terbaik untuk menyebrang adalah pagi hari. Sebaiknya kamu sampai di dermaga sekitar jam 6 pagi. Kapal pertama berangkat jam 6.30. Kamu bisa mencarter angkot untuk menuju dermaga (kapasitas angkot sekitar 14 penumpang). Pada akhir pekan, apalagi jika long weekend, lalu lintas menuju dermaga sejak subuh seringnya luar biasa parah. Saya dan rombongan ketika itu kami dari Tangerang menggunakan taxi, terjebak macet di sebelum pasar. Lima belas menit lebih hampir tidak bergerak, kami memutuskan turun dari taxi tepat di perempatan jembatan (sebelum pasar) lalu naik odong-odong dengan tarif Rp5.000,- per orang. Jangan membayangkan odong-odong seperti yang biasa masuk perumahan yang model gowes trus dudukannya warna warni dengan kepala binatang ya. Begini tampilan odong-odong yang beredar di Muara Angke. Kapasitasnya kurang lebih 12 orang, termasuk di kanan dan kiri depan di samping supir.

Untitled

Odong-odong ini bener-bener penyintas macet dan worth banget ketimbang jalan kaki melewati pasar yang becek dengan bau amis yang semerbak nyaris mendobrak paru-paru :p

Sampai di dermaga, di gerbang masuk ada biaya retribusi Rp2.000,- per orang. Baru deh kamu bisa naik ke kapal. Hati-hati ya jangan sampai salah naik kapal. Ada banyak deretan kapal disana dengan berbagai tujuan. Kalau ke Tidung dan Bidadari, waktu tempuh sekitar satu jam, ke Pari kurang lebih dua jam. Untuk ke Harapan dan Pramuka kira-kira empat jam perjalanan. Kalau nggak pingin mabok, selain minum obat anti mabok, bisa juga pilih duduk di kapal bagian depan atas (area terbuka). Seru lho, berasa naik wahana non stop sesuai durasi perjalanan. LOL :))

Setelah puas bermain di Pulau yang kamu tuju, rute pulangnya juga sama. Kamu naik kapal dari dermaga di masing-masing pulau lalu kembali ke dermaga Muara Angke di daerah Kali Adem. Kalau kamu memilih waktu di siang hari untuk kembali ke Jakarta, sebaiknya di kapal kamu pilih duduk di bagian dalam supaya gak terlalu panas dan makin gosong kena terik matahari di tengah laut. Fasilitas di dalam sederhana tapi lengkap kok. Ada life vest yang tebakan saya jumlahnya gak sesuai dengan jumlah penumpang (tapi ini bukan masalah besar kok, saya gak pernah dengar cerita ada kecelakaan kapal atau kodisi buruk apapun hingga membutuhkan pelampung). Beberapa penumpang menggunakan life vest malah sebagai alas duduk (karena duduk di atas papan kayu yang cuma berlapis karpet karet tipis memang lumayan bikin bokong kejang), dan ada juga yang menggunakannya sebagai bantal tidur. Ada tempat juga untuk men-charge handphone. Di kapal bagian bawah, kamu bisa duduk di kursi plastik yang disediakan. Ada juga space untuk bisa duduk di bawah. Jika kamu ke bagian atas kapal, maka semuanya duduk lesehan. Jangan kwatir gerah, ada kipas angin kok di tengah, lagipula angin laut yang masuk melalui jendela kapal juga kenceng jadi gak terasa gerah.

Nah, sampai di dermaga, untuk keluar menuju angkot, bisa naik odong-odong (lagi) dengan tarif (masih sama) Rp5.000,- per orang. Sampai di tempat angkot ngetem, jangan gegabah dengan bujuk rayu para sopir. Kamu mesti menenangkan hati dan pikiran ketika kamu di rayu semacam ini:

“Neng, mau ke (stasiun) kota ya? 15ribu aja per orang sini sama abang. Kalo naik angkot nyambung 2x habisnya juga 12ribu. Mending sekali naik angkot abang neng 15rb udeh nyampe kota”

atau:

“Neng, 10rb deh per orang, tapi kalo neng cuma segini (enam orang) abang ngetem dulu yak nunggu angkotnya penuh”

Lalu kamu di hadapkan pada situasi pilihan:

“Gimana neng, mau langsung yang 15rb apa 10rb tapi nunggu?”

Yang harus kamu lakukan adalah jalan sedikit ke depan (pertigaan) dan naik angkot yang nggak ngetem. Tarifnya Rp4.000,- per orang per sekali jalan. Angkot merah kecil B01. Sopir akan mengantar kamu sampai depan Mega Mall. Jika kamu masih curiga sama sopir angkot, sebelum naik pastikan dulu tarifnya. Gak pa pa kok tanya baik-baik “Bang, sampe Mega Mall 4rb kan?”

Sampai di depan Mega Mall ada banyak pilihan angkutan umum yang kamu bisa naik menuju pulang! Mampir ngemall dulu juga boleh. Cuek aja sama dandanan ala kadarnya. Ada banyak pilihan santap siang di mall ini, dari masakan jepang, barat, chinese food, junk food, juga indonesian food. Kalau kamu pergi rame-rame macam saya dan geng gong dengan aneka selera, makan saja di Eat and Eat. Disini, jangan lupa cobain Es Mabok Duren di stand Es Gentong ya :))

Well, kembali ke transportasi, di depan Mega Mall, kamu bisa naik kopaja (atau kopami ya, saya gak tau bedanya kopaja, kopami, mikrolet. Bagi saya mereka sama saja). Mobil besar cat biru dengan tulisan B02 ini bisa mengantar kamu ke Stasiun Kota dan Kampung Bandan jika kamu melanjutkan perjalanan dengan commuter line. Ada shelter bus Trans Jakarta juga di depan Mall. Kamu bisa gunakan bus trans sebagai alternatif kendaraan umum. Tarif B02 Rp4.000,- per orang. Bus trans kayaknya masih Rp3.500,- Murah banget kan? Saya waktu itu memilih naik commuter line dengan tarif Rp3.000,- sudah sampai di kota Tangerang, lalu lanjut 2x naik angkot sampai ke rumah.

Dari Angke ke rumah saya di Tangerang, ongkos pulang saya hanya Rp20.000,- diluar odong-odong. Beda dengan waktu berangkat, karena saya menggunakan taxi waktu itu habis hampir Rp300.000,- belum termasuk ongkos masuk tol. Paling mahal tol Pondok Ranji Rp16.000,- dua tol lainnya normal Rp6-8rb.

Demikian pengalaman saya, Agrint, Vivi, Uum, Lanny, dan seornag lagi yang namanya juga Agnes.

A.IMG-20150827-WA0001

Happy reading,

Nice to share, sampai jumpa di story berikutnya 🙂

Ciao!

Story #15. Beef Tomato Baked Rice

Hi,

Berawal dari hasrat to knowing every particular object a.k.a KEPO pada menu makanan yang gw coba di salah satu restoran franchise, gw dan keponakan 8th membuat eksperimen masakan ini. Nama menunya Beef Tomato Baked Rice! ada juga menu serupa: Salmon Baked Rice. Ini cuma beda isi aja, secara pengolahan sih sama.

Kita melakukan beberapa kali uji coba berdasarkan ingatan tentang apa aja komponen menu di resto itu (yang berasa di lidah) dan beberapa resep yang gw dapet di internet (ternyata banyak lho resep baked rice, ga cuma beef & salmon aja) gw beraksi bersama keponakan. Gw akan share dua eksperimen pertama ^.^

Eksperimen pertama diproses secara sangat sederhana dan hanya butuh waktu 20menit sudah termasuk 10 menit si baked rice duduk cantik muter-muter di microwave. Beef nya kita gak pake daging giling, tapi kornet (praktis, plus udah ada di kulkas! Yeay!) di campur telur. Nah, sementara gw masak kornet dan telurnya, si keponakan siapin nasi di dalam wadah alumunium foil. Kornet dan telur tadi lalu di potong kecil-kecil taruh diatas nasi. Waktu itu gw potong kecil-kecil juga keju cheddar biar kerasa gigit keju. Setelah itu menyusul saus tomat dan parutan keju yang mudah leleh diatasnya. Yaph! siap masuk microwave. Aromanya cheesy banget. Sukses deh sore itu kita pergi berenang dengan bekal dan kebanggan atas our first beef tomato baked rice. Soal rasa sebenernya standar sih, udah ketebak kan dari bahan yang digunakan. Tapi berasa enak banget, mungkin karna kita kelaperan habis berenang! Hasil evaluasi eksperimen pertama: Enak dan Patut dicoba bikin lagi. Haha…

Nah, tibalah eksperimen kedua. Demi hasil yang lebih baik, gw melakukan improvisasi pada nasi. Sebelum ditaruh wadah, nasinya di goreng dulu bentar banget, cuma pakai mentega, bawang putih, garam. Selain itu, yang beda adalah di sini gw tambahin sosis yang diiris kecil-kecil dan pakai keju mozarella. Aromanya asli harum bingit! Hmmm…. gw sm keponakan dengan mata berbinar-binar senang karna merasa ini bakal lebih enak dari sebelumnya. Kali ini, karena mau dimakan dirumah, bukan jadi bekel jadi gw taruh di piring pyrex. Nasi, irisan kornet, sosis, keju masuk semua. Cantik cucoklah. Nah trus kita kirim dy ke microwave. Keponakan gw selalu excited mandangin si baked rice dari kaca kecil microwave untuk liat proses keju yang pelan-pelan meleleh. Kali ini ga usah sampe 10 menit, takut nasinya malah jadi kering. Gak berapa lama, taadaaaaaaa….. hmm.. harum banget nih.. waa.. berhasil nih… *berbinar binar berdua*.

Tibalah pas kita makan, ekspresi keponakan gw kok aneh ya. Semacam alisnya mendadak ngumpul di tengah jidat sambil mulutnya masih ngunyah makanan, trus memandang gw dengan mata menyipit (padahal matanya udah sipit lho), lalu mulut lanjut ngunyah, alis kembali ke posisi semula, tapi nahan ketawa atau semacamnya. Wah, ada yang salah nih. Tapi apa??? Pas gw melakukan aksi pertama nyuap baked rice juga beberapa detik kemudian baru gw sadar dan memahami arti tatapan sinis lucu keponakan gw: kita LUPA kasih saus tomat di atas nasi sebelum masuk microwave tadi. Jgeeerrrrrr….. Hahahahahaha.. jadi walaupun rasa nasi lebih enak, tapi kalau tanpa saus tomat rasanya jadi gak sesuai sama ekspektasi kita di awal.

Eksperimen kedua berakhir dengan menambahkan saus tomat di pinggir piring masing-masing lalu melanjutkan makan sambil menertawakan kekonyolan ini. “Ah, oneng banget ya” begitulah hasil evaluasinya. Jadi hasil masakan gak sesuai sama namanya.

Untuk ekperimen entah keberapa yang kemudian dibuat dengan kesungguhan hati dan kecukupan rezeki dalam persiapan bahan bisa dilihat di akun lain gw disini

Sampai jumpa di life episode selanjutnya.

Happy Reading,

Ciao ^.^

 

Story #6. Naik Commuter Line

Hi !

Setelah beberapa waktu saya menempuh perjalanan dari rumah ke kantor dengan kendaraan pribadi dan merasa lelah dengan padatnya kondisi lalu lintas yang menyebalkan, saya coba naik kereta listrik a.k.a commuter line. Akhirnya naik kereta juga karna support temen-temen kantor yang biasa naik kereta. Berikut sharing dan notes saya naik commuter line:

1. Karcis / Kartu

Untuk naik commuter line, bisa pakai tiket harian dengan sistem abondemen. Beli karcis di loket seharga +Rp12.000,- atau menyesuaikan jarak tempuh. Tarif yang berlaku adalah untuk 10km pertama tarif Rp2.000,-, lalu setiap 10km berikutnya dihitung Rp1.000,- Gak usah bingung itung-itungan tarifnya. Ketika kita ngantri di loket, tinggal sebutin stasiun tujuan kita dan bayar sesuai yang disebutkan petugas. Karcis harian tersebut sudah termasuk Rp10.000,- sebagai jaminan kartu.

Sayangnya, dengan karcis harian ini terkadang lw mesti sabar ngantri di loket. Kalo hari Senin, antriannya bisa sampe begini ni:

WP_20150615_06_25_25_Pro

(Cam saya gak cukup lebar untuk mengabadikan panjangnya antrian loket commuter line di hari senin, stasiun Tangerang)

Akan lebih baik kalau kita pakai e-money. E-money apa saja bisa digunakan disini, jadi tidak perlu antri untuk tiket harian.

Tap Kartu

Apapun kartu yang anda gunakan, tap kartu pada gate masuk. Biasanya ada beberapa gate dengan letak yang berdekatan, hati-hati salah nge-tap, jangan-jangan gate yang terbuka malah gate di sebelah anda. Tapping pada gate masuk hanya sebagai penanda bahwa anda bisa naik kereta, jika anda menggunakan e-money pastikan saldo minimal anda Rp12.000,-. Saldo dibawah itu akan ditolak oleh reader gate masuk. Saldo baru akan dipotong pada gate keluar. Hati-hati jika saldo anda tidak cukup, anda harus minta bantuan petugas untuk bisa melewati gate keluar.

Uang Jaminan Kartu Harian

Setiap kartu harian memiliki masa berlaku selama 7 hari. Artinya jika dalam batas waktu 7 hari anda masih bepergian dengan kereta, anda tinggal membayar ongkos sesuai tujuan tanpa membayar tambahan Rp10.000,- sebagai jaminan. Diatas 7 hari maka uang jaminan tersebut akan hangus dan tidak bisa dikembalikan.

2. Jadwal dan Rute

Perhatikan selalu jadwal Commuter Line. Yang paling update adalah yang tertera di setiap stasiun, atau anda bisa akses disini

Pada jam pergi dan pulang kantor, kebanyakan jadwal kereta adalah setiap 15 atau 30 menit sekali, dan wajar jika padat penuh sesak seperti berikut:

WP_20150227_07_36_46_Pro

(eksis ya Pak)

Pada jam pergi dan pulang kantor, antrian di gate keluar bisa lebih padat dari foto berikut:

WP_20150227_07_53_30_Pro

Yang menyenangkan adalah naik kereta dengan tingkat kenyamanan sbb:

WP_20150227_07_50_51_Pro

WP_20150303_17_54_50_Pro

Sayangnya, ini jarang terjadi pada jam-jam sibuk.

Rute Stasiun Pemberhentian

Anda bisa menemukan rute anda sbb:

Peta Rute KRL - Jarak Stasiun 2015

4. Suasana

Jika sebelumnya saya menampilkan beberapa foto di gate masuk/keluar dan di dalam kereta, maka beginilah suasana ketika anda menunggu kereta:

WP_20150227_07_24_23_Pro

Terkadang anda harus menyebrang untuk pindah jalur:

WP_20150227_07_24_30_Pro

Naik commuter line, anda bisa menikmati pemandangan langit biru nan cerah seperti berikut:

WP_20150304_06_48_34_Pro

5. Peringatan dan Himbauan

Ketika anda naik commuter line, jangan abaikan himbauan untuk tidak makan, minum, berjualan, dll. Himbauan berikut adalah yang paling penting:

WP_20150313_18_54_26_Pro

Di setiap gerbong ada 4 sudut yang bangkunya di prioritaskan bagi orang cacat, ibu hamil, lansia, dan ibu dengan balita. Berebut tempat duduk boleh saja, tapi jangan cuek dengan lingkungan sekitar, terutama jika anda menduduki kursi prioritas.

Perhatikan juga ketentuan tentang barang bawaan dan maksimal tinggi badan untuk membeli karcis/kartu.

 WP_20150415_07_51_10_ProWP_20150415_07_51_24_Pro

6. Lain-lain

Catatan saya yang saya masukkan dalam kategori lain-lain sbb:

– Terkait keamanan, jika pintu gerbong kereta bermasalah seperti tidak bisa dibuka, anda bisa mencari tuas pembuka hidrolik, biasanya terletak dibawah bangku, ada tutupnya dan bisa dibuka dengan cara didorong.

– Terkait kenyamanan, ada dua hal: Pertama, gerbong pertama dan terakhir selalu di khususkan bagi perempuan. Apakah menurut anda ini membuat nyaman? Silahkan coba sendiri, kalau saya sih kapok! Kaum perempuan ternyata lebih ganas pada kaumnya sendiri lho, dan yang paling menyebalkan adalah perempuan-perempuan bergerombol suka nge-tag bangku buat temennya padahal temennya entah dimana di belakang kita. Jika anda dalam situasi seperti ini, sebaiknya gak usah ngalah! (kecuali yang anda perebutkan adalah bangku prioritas sementara anda tidak termasuk dalam kategori yang berhak duduk disana). Kedua, sebaiknya anda selalu memakai deodoran, ingat, setiap orang di sekitar anda pasti sangat menyayangi paru-paru mereka.

Per Selasa, 16 Juni 2015 ada 3 stasiun baru di Tangerang mulai beroperasi. Anda bisa membaca beritanya disini

 

Happy reading,

Nice to share 🙂

Ciao !!